Friday, April 15, 2011

Indonesia menyala..nyalakan Indonesia dengan ilmu :)

Bismillahirrahmanirrahiim

Yup, setelah postingan sebelumnya yang lumayan abstrak, kali ini saya mau berbagi cerita yang Insya Allah lebih konkret dibandingkan sebelumnya..hehehe

Kali ini saya mau cerita mengenai salah satu program yang diinisiasikan oleh Indonesia Mengajar. Program ini disebut sebagai gerakan Indonesia Menyala. Humm..apasih Indonesia menyala ieu??

Singkat kata, gerakan ini adalah gerakan yang mengajak dan mengetuk hati teman-teman semua untuk menerangi pendidikan di Indonesia melalui buku. Seperti yang kemarin sudah saya bahas di postingan sebelumnya gerakan Indonesia Mengajar menawarkan solusi konkrit bagi minimnya tenaga guru berkuailtas di pelosok-pelosok daerah. Dengan mengirimkan fresh graduate terbaik dari berbagai universitas di Indonesia yang memiliki KEMAUAN untuk berbakti untuk pendidikan, IM memberikan ruang bagi generasi muda untuk turut bergerak menuju reformasi pendidikan Indonesia.

Saya dari awal sampai sekarang emang kepincut abis sama gerakan IM ini. Yaa..it's like my dream is getting closer to me, Amin. Pengen banget bisa ngajar di pelosok deh, tapi karena masih belum lulus jadinya gak bisa daftar jadi Pengajar Muda, so tahan dulu dan persiapin diri aja dulu supaya keterima nanti di 2012, Allahumma Amiin.

Lokhoh..malah jadi curat, hehehe. Okey, jadi Indonesia Menyala merupakan gerakan untuk membangun sebuah perpustakaan di tempat PM mengabdi. Pertama kali dengar konsep ini waktu ketemuan di kantor PM saya udah tertarik. Dengan adanya gerakan ini, teman-teman yang masih belum bisa berkontribusi sebagai PM atau masih belum dapat kesempatan untuk mengajar dapat memberikan kontribusinya dengan mengelola perpustakaan.

Teman-teman bisa menyumbangkan buku, konsep pengembangan perpus, dan lain-lain sehingga daerah yang disinggahi PM nanti akan tercerahkan oleh ilmu.Manstabb!

Kalau impian saya, gerakan Indonesia Menyala ini gak cuma berhenti sampai pemberdayaan perpustakaan aja, tapi bisa menjadi pengembangan Pusat Sumber Belajar masyarakat setempat. Berhubung semester ini saya sedang mengambil matakuliah Pengembangan Pusat Sumber Belajar, saya jadi tertarik untuk bisa mengoptimalisasikan fungsi pusat sumber belajar sebagai sarana untuk menciptakan learning society di Indonesia.

Pada awal perkembangannya, Pusat Sumber Belajar juga bermula dari perpustakaan, terus berkembang menjadi pusat sumber belajar yang memiliki lima fungsi, yakni fungsi pelayanan, fungsi administrasi, fungsi pelatihan, fungsi produksi media pembelajaran, dan fungsi pengembangan sistem instruksional.

Kebayang betapa kecenya daerah tersebut kalau pusat sumber belajarnya dapat dimanfaatkan dengan baik oleh sekolah dan masyarakat sekitar. Proses pembelajaran inovatif, media pembelajaran yang update, guru-guru yang profesional dan terlatih bukan sekedar impian belaka. Karena dengan adanya fungsi pelatihan dan pengembangan sistem instruksional, PSB memiliki wewenang untuk melatih guru-guru dan mengembangkan strategi pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran serat karakteristik peserta didik.

Selain itu, bukan hanya sekolah yang dapat mengambil manfaat dari PSB, masyarakat sekitar juga dapat memperoleh akses dari berbagai macam sumber belajar untuk mengembangkan potensi dirinya dan daerahnya. Karena target PSB bukan hanya sekolah namun masyarakat, maka peran PSB untuk mencerdaskan masyarakat amatlah penting.

Namun, untuk dapat mewujudkan itu semua dapat diawali dengan mengembangkan perpustakaan terlebih dahulu. Semoga dikemudian hari perpustakaan yang digagas oleh program Indonesia Menyala ini akan berkembang menjadi pusat sumber belajar masyarakat. Amiin. Ganbatte untuk program ini dengan para "penyala" nya. Semoga setiap buku yang disumbangkan, tiap gagasan yang dikeluarkan, tiap peluh yang menetes dapat menjadi pemberat amal kebaikan di akhirat kelak, amiin. Karena ilmu bermanfaat adalah pahala yang akan terus mengalir walau nyawa sudah terpisah dari jasad kan?

Soo..ceman-ceman, tunggu apa lagii..Yuk kita terangi pendidikan di Indonesia dengan turut bergabung dalam program ini. Sekecil apapun akan sangat berarti bagi adik-adik kita. Well, walaupun tidak terjun sebagai Pengajar Muda, bukan berarti kita gak bisa melakukan sesuatu untuk memajukan pendidikan Indonesia khaan

Allright, di bawah ini saya mau lampirkan description dari gerakan Indonesia Menyala ini, chek dis out yaaa...

Sumber : http://www.indonesiamengajar.org/index.php?m=page.berita

Gerakan Indonesia Menyala


Apa itu Indonesia Menyala?

Indonesia Menyala adalah gerakan buku dan perpustakaan yang diinisiasikan oleh Gerakan Indonesia Mengajar.

Apa yang melatarbelakangi gerakan Indonesia Menyala?

Program perpustakaan “Indonesia Menyala” ini berawal dari hasil pengamatan sejumlah Pengajar Muda (PM) sejak mereka ditempatkan. Mereka melihat bahwa mayoritas anak didik mereka kekurangan bahan bacaan yang bermutu. 

Mengetahui betapa pentingnya buku dan melihat kebutuhan yang sangat tinggi terutama untuk teman-teman kita di pelosok Indonesia, makaIndonesia Mengajar tergerak untuk mengadakan program perpustakaan.

Dimana lokasi perpustakaan Indonesia Menyala?

Perpustakaan Indonesia Menyala nantinya akan bertempat di wilayah penempatan Pengajar Muda di 50 lokasi Sekolah Dasar (SD) di 5 kabupaten: kabupaten Paser (Kalimantan Timur), kabupaten Majene (Sulawesi Barat), kabupaten Bengkalis (Riau), kabupaten Halmahera Selatan (Maluku Utara), dan kabupaten Tulang Bawang Barat (Lampung) --- masing-masing kabupaten terdiri dari 10 lokasi penempatan.

Bagaimana bentuk perpustakaan Indonesia Menyala?

Perpustakaan Tetap adalah perpustakaan yang berisikan buku yang hanya akan digunakan di satu sekolah penempatan dan bahan-bahan tersebut akan menjadi miliki sekolah tersebut. 

Perpustakaan Berputar adalah perpustakaan yang melekat pada seorang Pengajar Muda, berbentuk sebuah tas yang berisikan buku-buku yang dapat digunakan di suatu sekolah penempatan dan/atau masyarakat sekitar dalam durasi waktu tertentu dan setelahnya buku-buku tersebut akan ditukarkan ke Pengajar Muda lain yang berada dalam satu kabupaten.

Bagaimana sistem kerja gerakan Indonesia Menyala? 

Program perpustakaan ini dilaksanakan dan dijalankan oleh kelompok kerja pusat (di Jakarta) dan lima kelompok kerja daerah (satu kabupaten dikelola oleh satu kelompok kerja) bekerja sama dengan PM Indonesia Mengajar. Suatu kelompok kerja difokuskan untuk mengelola dan mengembangkan perpustakaan untuk daerahnya masing-masing (misal, kelompok kerja Majene memang fokus untuk mengembangkan perpustakaan di kabupaten Majene, dst.).

Kelompok-kelompok kerja ini –disebut sebagai “Penyala”-- terbuka untuk umum, sehingga semua orang dapat bergabung ke dalam kelompok-kelompok kerja ini sebagai anggota gerakan Indonesia Menyala.

Apa yang dapat dikontribusikan oleh anggota Indonesia Menyala?

Donasi yang diberikan oleh anggota kepada masing-masing daerahnya dapat bermacam-macam, mulai dari buku dan uang melalui dropbox, tenaga, bahkan sampai pemberian ide pengembangan perpustakaan ke depannya serta kontribusi lainnya, termasuk pemberian nama perpustakaan 'milik' mereka di daerah.

Bagaimana cara bergabung dengan Indonesia Menyala?

Masyarakat di seluruh Indonesia dapat bergabung bersama kami di Indonesia Menyala, melalui halaman grup Facebook masing-masing kelompok kerja daerah.Siapapun yang mengajukan diri untuk bergabung ke dalam grup Facebook suatu kelompok kerja daerah terhitung sebagai anggota kelompok kerja daerah tersebut.

Apa yang membedakan gerakan Indonesia Menyala dengan gerakan lainnya?

1. Gerakan Indonesia Menyala memiliki pustakawan, yaitu itu para PM Indonesia Mengajar, yang ada di SD/Komunitas tersebut selama 5 tahun. 
2. Indonesia Menyala bukan hanya gerakan menggalang buku tetapi juga menggalang masyarakat untuk memiliki dan mengelola perpustakaan di berbagai pelosok Indonesia.

Donasi berupa uang tunai dikirimkan ke rekening Indonesia Mengajar bagian perpustakaan, yaitu:

No. Rekening : 0651 – 01 – 005686 – 50 – 3

Nama Bank : Bank BRI – KCP CIKAJANG

Atas Nama : Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar

 

“Ide dasar program ini adalah bukan sekedar mengajak masyarakat menyumbang buku, tetapi mengajak untuk ikut membangun, memiliki, dan mengembangkan perpustakaan di pelosok Indonesia”

 

Mari bergabung!
Ingin berkontribusi di daerah mana? Semuanya terserah Anda! :D
Gabung di Facebook Group: Indonesia Menyala | Twitter: @Penyala
 
Kelompok Kerja Paser
Facebook Group: Pelita Paser | Twitter: @PenyalaPaser

Kelompok Kerja Majene
Facebook Group: Majene Menyala | Twitter: @PenyalaMajene

Kelompok Kerja Tulang Bawang Barat
Facebook Group: Penyala TBB | Twitter: @PenyalaTBB

Kelompok Kerja Halmahera Selatan
 
Facebook Group:
 Halmahera Selatan Menyala | Twitter: @PenyalaHalSel

Kelompok Kerja Bengkalis
 
Facebook Group: Penyala Bengkalis | Twitter: @PenyalaBngkalis

 

Kontak Kami
Untuk informasi lebih lanjut mengenai program ini, dapat menghubungi:
 
Abdul Rizki (081269461077)
Nadhira (08158840161) -- Info Donasi
Twitter: @Penyala
Facebook: Indonesia Menyala




Ayoo nyalakan Indonesia dengan ilmu, BANGKIT PENDIDIKAN INDONESIA!!

No comments:

Post a Comment