Monday, April 19, 2010

please STOP the music!!

Bismillahirrahmaniirrahiim...

HOAEEEEEHMM............(-_-)

Sebenarnya sih mata udah 2 watt banget ini,
Badan juga dah kangen aja sama guling dan kasur, 
Kondisi tubuh juga lagi gak fit karena terindikasi terkena influenza,
Besok juga ada kuliah pagi, mesti bangun sebelum subuh kalo gak maw telat, 

Jadi...semestinya sekarang seharusnya saya sudah berbaring terlelap di peraduan...

TAPI...

KENYATANNYA...

SAAT INI...

Saya malahan mantengin komputer sambil mencet-mencet tuts keyboard, posting malem-malem lagi...*gaswatt

Padahal kemarin cuma tidur 2, 5 JAM SAJA saudara-saudara (REKOR tidur tercepat yang saya miliki...hmm), tapi tumbenan pas keesokan harinya (yaitu hari ini), aneh bin ajaibb, saya gak ngerasa ngantuk ataupun lemes (di siang pagi dan harinya)!Kalau menurut analisis saya sih, kemungkinan besar karena pengaruh kaefin dari cappucino hangat yang saya minum kemarin malam dan keesokan paginya.

*Maaf ya saudara/i sekalian, agak tidak jelas postingan saya kali ini, maklum, sisa-sisa tenaga udah 2,5% nih..heheheh :P

OKEY...Enough buat prolog gak jelasnya, sekarang serius mode : ON. 

Hmm...pengen 'muntahin' apa ya kali ini..

Sebentar...saya pikir dulu...

-LOADINGLOADINGLOADINGLOADINGLOADINGLOADINGLOADINGLOADINGLOADNG-

AHA!!...saya tahu mau cerita apa kali ini,huahuahuaha(gak jelas fungsi ketawanya untuk apa, maklum ya...udah malem, ikannya dah pada bobo)..

Saya mau cerita soal kegemaran baru saya baru-baru ini (boros kata gak sih??ya sudahlah...lanjut gan saja..)

Okey, jadi akhir-akhir ini saya lagi senang mendengarkan musik classic bak bangsawan eropa di abad ke-sekian belas. asal mulanya adalah gara-gara saya nonton Dorama Jepang yang berjudul " Nodame Cantabile", dorama yang mengisahkan kehidupan seorang pianist yang agak 'unik'. Doramanya sih seru, kocak abis, pas banget sama genre nya, drama-komedi. Tapi kali ini saya gak mau bahas soal doramanya lebih lanjut dan mendetail...nanti aja di ulasan (tapi kapaan ya..padahal masih banyak banget dorama-dorama bagus yang lagi ngantri buat diulas nih, hayooo sarah, semangat nulisnya!!!). Pokonya di dorama ini banyak banget musik classicnya, secara latar belakang tokoh utamanya seorang mahasiswi di akademi musik, pianist pula.

Walaupun gak semua musik yang ada di dorama itu saya suka (karena ada beberapa musik yang saya malah puyeng abis pas dengerinnya, terlalu rumit! XP). Tapi ada satu musik yang saya seneng banget, yaitu Symphony no.7 nya Beethoven. 

Musiknya indah dan bikin semangat, berasa lagi lari-larian di bukit hijau dengan padang bunga yang luas ditemani oleh burung-burung dan kelinci-kelinci yang ikut serta berlari (berasa jadi putri salju yah..ahahaha) pas dengerin musik aransement si beethoven itu. 

Karena ketertarikan saya pada symphony no.7 tersebut, jadilah saya sedari pagi mantengin komputer sambil browsing di youtube, nyari-nyari cuplikan video dari dorama "nodame", soalnya pengen saya simpen supaya bisa didengerin terus. Eeeh ternyata pas buka youtube ada perubahan yang cukup membuat saya kebingungan untuk mendownload video di sana, jadinya minta tolong mbah google juga deh bwt nyari free dowbload mp3 nya. 

Dari kecil saya memang sudah tertarik sih sama instrument-instrumen classic kaya piano, biola, flute, dll, karena dulu pernah di beliin keyboard kecil sama ayah, trus saya seneng aja mencet-mencet tuts keuyboardnya dan dengerin suaranya. Ketika SD saya juga mengikuti eskul Drumband dan memainkan alat musik pianika, yang memang agak mirip dengan keyboard, tapi pianika di tiup dulu kalau mau dibunyiin. Makanya, sampai sekarang saya seneng banget dengerin instrumental-instrumental karangan siapa aja yang penting pas di telinga saya. Tapi saya paling seneng dengerin bunyi piano. Indah aja menurut saya, ellegant, dan bikin hati jadi gembira ria. 

Memang, Allah benar-benar arsitek yang LUAR BIASA JENIUSNYA, menciptakan manusia dengan segala cipta, rasa, dan karsanya sehingga dapat membuat alunan nada-nada yang indah. Pun juga dengan segala Ke-Maha Besaran-Nya yang telah menciptakan organ tubuh kita yang luar biasa sempurnanya sehingga kita dapat mendengar atau memainkan alat musik tersebut.

Namun, banyak hal yang memang begitu SERING SAYA LUPA, ketika saya begitu asyik mendengarkan musik, entah itu classic, pop, rok, dsb, saya kerap kali lupa untuk memuji ke-Maha Agungan Sang Pencipta yang menciptakan kedua telinga saya sehingga dapat mendengar suara-suara indah tersebut. 

Saya juga SERING KALI keasyikan sendiri ketika saya sedang bercengkrama dengan keyboard kesayangan saya di rumah hingga melalaikan kewajiban-kewajiban saya. Jadi sering nunda shalat, males tilawah..paraaagh deh!!

Memang, frekuensi saya dalam mendengarkan musik jauh lebih banyaak dibandingkan frekuensi saya dalam mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur'an yang jaaaaaaaaaaaaauh memiliki nilai seni dan makna yang lebih dalam dibandingkan lagu-lagu yang sering saya dengarkan atau mainkan.

Astagfirullah...betapa lemah diri ini Ya Allah dalam mengingatmu...

Betapa mudah tipu daya setan merasuki diri ini melalui musik-musik itu...

*Astagfirullah...Astagfirullah...Astagfirullah...Fagfirlana Ya Allah...

Ketika saya bermain musik atau mendengarkannya, saya serasa mendapatkan ekstasi-ekstasi. Saya jadi merasa memiliki dunia sendiri, hanya ada saya dan alat-alat musik tersebut. Sehingga panggilan sholat pun tak terdengar ketika sedang bercengkrama dengan musik-musik itu, walhasil solatnya pun tidak AWAL WAKTU (walaupun tepat waktu/masih berada pada waktunya). Mungkin itu ya yang disebut dengan "ditulikan"?? Na'udzubillah...

Pantas saja, beberapa ulama berpendapat bahwa musik itu haram. Dulu saya tidak begitu mengerti dan kurang menerima bahwa musik itu haram. Namun sekarang agaknya saya lebih mengerti mengapa sebagain ulama berpendapat seperti itu. musik memang dapat melenakan kita dan membuat kita lalai dalam mengingat Allah. Para ulama yang mengharamkan musik itu jelas karena berhati-hati agar tidak terlena seperti saya. *Astagfirullah...

Tapi, jujur...saya memang begitu mencintai musik, saya senang mendengarkan musik, saya senang bernyanyi (walaupun suara pas-pasan dan hanya untuk konsumsi pribadi saja..)dan saya senang bermain alat musik. Tapi dengan efek yang begitu kacau bagi kelangsungan hidup "akhirat' saya kelak, sewajibnya saya mengurangi intensitas saya dalam bercengkrama dengan musik, walau sedikit demi sedikit. Karena dengan mudharat yang lebih banyak saya dapatkan, khawatir malah menambah beban dosa saya (dosa yang ada aja udah banyak bangetttt...astagfirullah).

Sadar sih, untuk menghilangkan seratus persen kecintaan saya pada musik dari dalam diri saya butuh waktu,  proses, kemauan, ketulusan dan KECINTAAN YANG BEGITU AMAT SANGAT BESAR KEPADA-NYA, hingga yang mengisi relung jiwa dan yang memberikan ketenangan dan kesenangan pada diri ini bukan lagi suara yang dihasilkan dari piano,gitar, atau biola, melainkan dari lantunan ayat-ayat cinta-Nya serta desah nafas yang keluar dari mulut yang terbasahi oleh dzikir kepada-Nya. Dan pun ketika kedua telinga ini mendengar bunyi-bunyian dari alat musik tersebut, yang dirasa adalah kecintaan yang lebih kepada-Nya, ingat pada-Nya, Rasul-Nya, berazzam kuat untuk istiqomah di jalan-Nya, bukan malah LUPA terhadap-Nya. Astagfirullahhal'adziim...

Allah...berikan hamba kekuatan agar bisa menjadi seperti itu...

Berikan hamba kekuatan agar hamba dapat mecandui lantunan ayat suci-Mu dan dzikir pada-Mu di setiap waktu...jauh melebihi dari kecintaan hamba pada musik-musik itu...

Allah..bantu hamba dalam berproses, karena sesungguhnya hamba ini begitu lemah ya Allah...

Hamba ini begitu rapuh...sering terkena tipu daya setan yang hina..

Oleh karenaitu Ya Allah, izinkan hamba berlindung kepada-Mu, dengan segala ke-Maha-an mu..

Dan jadikanlah musik sebagai ekspresi kecintaan hamba kepada-Mu,

jadikan ia menjadi penambah keimanan hamba kepada-Mu,

jadikan ia menjadi sarana bagi kami dalam mensyiarkan agama Islam yang mulia...

JANGAN JADIKAN IA SEBAGAI THAGHUT YANG MENGHALANGI KAMI DARI MEMPEROLEH RAHMAT-MU...

Aaaamin ya mujibba sa'ilin









2 comments:

  1. Cara paling ampuh supaya nggak di lalaikan oleh musik:
    1. Buka folder 'My Music'
    2. Klik kiri satu kali
    3. Tekan tombol DELETE
    4. Beres deh ^^v

    ReplyDelete